Kisah Pancasila


Title : Kisah Pancasila
Edition : 
Year : 2017
Authors : Panitia Peringatan Hari Lahir Pancasila
Publisher : Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia


Preface
Sambutan Direktur Jenderal Kebudayaan
Ketika diminta menyampaikan pandangannya mengenai dasar Indonesia Merdeka di hadapan sidang BPUPKI, Bung Karno berkata: “Kita hendak mendirikan suatu negara ‘semua buat semua’. Bukanbuat satu orang, bukan buat satu golongan, baik golongan bangsawan maupungolongan kaya, tetapi ‘semua buat semua’.”Bung Karno menegaskan prinsip itu karena sebelumnya cukup sering perjuangan merebut kemerdekaan diwarnai silang pendapat di antara para pejuang yang datang dengan gagasannya sendirisendiri, kaum nasionalis dengan gagasan kebangsaan, kaum sosialis dengan gagasan internasionalisme, kaum santri dengan gagasan keagamaan, dan seterusnya.
Dalam pidatonya yang kemudian dikenal dengan judul “Lahirnya Pancasila”, Bung Karno menegaskan bahwa perbedaan paham itu hendaknya tidak menghalangi pembentukan negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Justru seharusnya yang dilakukan adalah mencari titik temu di antara bermacam paham sehingga terbentuk kesepakatan yang bisa diterima semua pihak dan, yang paling penting, kemudian lahir landasan kehidupan bernegara yang kokoh. Itulah Pancasila. Dengan demikian Pancasila adalah konsensus dari semua elemen bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan di masa itu. Sebuah permufakatan kebangsaan yang menjadi landasan kita dalam hidup bernegara. 
Amat penting bagi kita untuk mempelajari kembali lahirnya Pancasila sebagai philosophische grondslagatau landasan filosofis dari Republik Indonesia yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945. Kisah perjalanan Pancasila dari saat pertama disampaikan oleh Bung Karno dalam pidato 1 Juni 1945 tersebut sampai perumusan oleh Tim Sembilan pada 22 Juni 1945 dan sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada 18 Agustus 1945, sangat penting bagi etiap warga negara. BukuKisah Pancasilamenyajikan perjalanan tersebut dalam bentuk yang ringkas dan dengan bahasa lebih populer agar lebih mudah diikuti oleh khalayak luas. 
Semoga buku ini dapat berperan memperkuat rasa kebangsaan kita dan juga komitmen untuk menjaga Pancasila sebagai landasan negara Republik Indonesia yang merdeka dan berdaulat.


Password zip : gratissebook.blogspot.co.id

Comments

Popular posts from this blog

Software Architecture with Python

Learning Docker 2nd Edition

Raspberry Pi for Secret Agents